Sabtu, 08 September 2012

Intensitas Curah Hujan Bagian Hulu Tinggi, Warga Delitua Terima Banjir Kiriman


IMANUEL SITEPU. DELITUA. Intensitas hujan sangat tinggi melanda bagian hulu [Senin 27/8 malam] mengakibatkan bagian hilir seperti seputaran Kota Medan dan Kecamatan Delitua mendapat banjir kiriman.
Seperti halnya di Kelurahan Delitua Barat (Kec. Delitua), Pantauan Sora Sirulo, air menggenangi pemukiman penduduk sejak malam tadi hingga sore ini. Ketinggian air rata-rata 25 CM. Tapi warga menyebut, kalau banjir tersebut bukan karena daerahnya diguyur hujan lebat, melainkan akibat banjir kiriman dari kawasan hulu yang diguyur hujan lebat.

“Ini banjir kiriman dari daerah atas. Kalau hujan, airnya pasti lari ke sini,  karena pintu irigasi yang berada di Kwala Simei-mei enggak ada yang menjaga, sehingga debit air tak terkendali saat sungai Lau Simei-mei meluap,” ujar Pak Adi, salah seorang warga

Dikatakanya lagi: "Kami warga sini meminta kepada PU Pengairan Deliserdang menempatkan petugas di pintu irigasi agar bisa mengendalikan debit air di kala hujan turun. Bila tak dikendalikan, warga terus akan mengalami kebanjiran di saat hujan turun di kawasan gunung.”

Sementara itu, Camat Delitua Edy Yusuf saat dikonfirmasi mengatakan: "kita telah sampaikan masalah banjir ini ke Dinas PU agar memberikan solusi terbaik untuk mengatasinya, dan diminta kepada warga agar selalu waspada bila hujan turun di kawasan Delitua ini.”

Kabid Datin BBMKG Wilayah I Hendra Swarta saat dikonfirmasi mengatkan: ”Di bulan Agustus, kawasan Deliserdang, Langkat, Medan dan lainnya hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang terus menerpa. Untuk itu, diminta kepada warga terus waspada dan berhati-hati saat berkendara. Kemungkinan curah hujan berintensitas tinggi ini akan terus terjadi hingga bulan September dan pertengahan Oktober. Gejala angin kencang dapat dilihat berdasarkan kondisi cuaca sebelum hujan turun."

Untuk wilayah Sumatra Utara, hujan akan kerap terjadi di wilayah bagian Selatan dan Barat. Durasi hujan pun diperkirakan akan terus meningkat. Hendra Swarta menghimbau warga yang tinggal di daerah rawan genangan agar tetap waspada. Mengingat curah hujan di bagian Selatan, seperti daerah Delisersang, Medan, Binjai, Langkat dan lainnya, intensitas hujannya diprediksi lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar