Sabtu, 08 September 2012

Curah Hujan Tinggi, Jalan Biru-biru--Bandarbaru Tertimbun Longsor



IMANUEL SITEPU. BIRU BIRU.Tingginya Curah hujan disertai angin kencang yang mengguyur Kabupaten Deliserdang [Senin 27/8 Pkl. 19.30 Wib] mengakibatkan sejumlah ruas jalan longsor dan tertimbun tanah. Seperti halnya ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Biru-biru dengan Kecamatan Sibolangit, tepatnya di Desa Peria-ria (Kec. Biru-biru). Sejumlah ruas jalan tertimbun tanah longsor di desa ini. Bahkan di beberapa titik, terlihat tebing jalan amblas dimakan jurang.
Pantauan Sora Sirulo hari ini di lokasi [Selasa 28/8], tinginya curah hujan juga telah mengakibatkan pemadaman arus listrik di beberapa desa. 2 tiang listrik yang berada di pinggir jalan ikut roboh akibat tertimpah pohon. Bukan itu saja, akibat intensitas  hujan yang tingggi sedangkan saluran drainase tidak berfungsi, median jalan dipenuhi lobang akibat terkikis air.
Kepala Desa Peria-ria Monang Sitepu yang mendapatkan informasi tersebut Senin Malam langsung menuju lokasi dan mengerahkan warganya membersihkan jalan dari pepohonan tumbang menghalangi jalan. Untuk sementara warga telah dapat melintasi jalan ini masih harus ekstra hati-hati karena kondisi jalan masih licin akibat berlumpur.

Camat Biru-biru Bronsyah Girsang SE ketika dikonfirmasi mengatakan, selama ini, sebagian wilayah Kecamatan Biru-biru merupakan daerah rawan longsor karena topografinya yang berbukit dan pegunungan. Selain itu, terdapat sejumlah daerah aliran sungai (DAS) dan puluhahan anak sungai.

”Oleh karena itu, dihimbau kepada warga yang mendiami wilayah pegunungan agar selalu waspada. Apalagi saat ini cuaca sangat ekstrim. Hujan turun selalu dibarengi dengan angin kencang," ujarnya.

Foto: Seorang pengenda sepeda motor melintasi salah satu titik longsor dengan ekstra hati-hati. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar