Sabtu, 08 September 2012

XTrim Sumatera Expedition 2011 - Jelajahi Samosir dan Gunung Sinabung


Komunitas pencinta motor trail XTrim (Expedition Trail Mania Sumatera) kembali menggelar ajang lintas alam bertajuk Sumatera Expedition 2011, yang mengambil lokasi di Pulau Samosir dan Gunung Sinabung di Tanah Karo 18 sampai 20 Maret mendatang.


Rute Sumatera Expedition 2011 dengan tag line 'Deep Jungle Enduro Challenge' ini,  meliputi Pulau Samosir, dengan start di Tuk-tuk, kemudian Pangururan, Pusuk Buhit, Silalahi dan Merek, lantas menuju Gunung Sinabung dan Sibayak di Tanah Karo, dan juga Sibolangit di Deliserdang, sebelum finis di Medan.

"Peserta pada event ini nantinya berpetualang offroad menggunakan sepeda motor trail menjelajahi wilayah di Pulau Samosir serta Tanah Karo, dan Deliserdang dan finis di Istana Maimoon, Medan. Benar-benar menantang, di mana peserta dituntut ketahanan dalam menaklukkan pedalaman hutan, mendaki puncak Pusuk Buhit, menyusur lembah-lembah sekeliling Danau Toba dan membelah pegunungan Tanah Karo, "ungkap Ketua Umum XTrim, Dodi, didampingi Wakil Ketua Pelaksana, Cahyo Pramono, di Medan, Kamis (10/2).

Dikatakannya, XTrim sebagai salah satu klub trail utama di tanah air benar-benar ingin menghadirkan event berskala nasional di Sumut. Karenanya, mereka akan mengundang klub-klub dan komunitas motor untuk berpartisipasi. "Begitupun, untuk kelancaran lomba, para kontestan tetap akan dibatasi hingga hanya 350 peserta saja," sebut Dodi.

Sejauh ini, selain dari Sumut dan Aceh, klub-klub luar yang sudah menyatakan minat datang dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Bali, Kaltim, Lampung, Palembang, Pekanbaru dan Duri, Jambi, serta dari Bukittinggi. "Selain itu masih ada beberapa observer dari Malaysia, Singapura, Thailand, Australia, Austria dan Jerman.

Menurut Dodi, Sumatera Expedition bersama Xtrim, bakal menjadi agenda nasional para trail mania di Indonesia, bersanding dengan event besar lain Trabas Merdeka di Jabar, dan Sabhawana di Jatim. "Kita berupaya agar Xtrim dengan Sumatera Expedition menjadi ikon para trailmania di tanah air dan menjadi event nasional olahraga adventure roda dua. Karenanya, support dan dukungan dari semua pihak tentu sangat diharapkan," ungkapnya lagi.

"Memang, sejauh ini kita memang mendapat dukungan dari Pemkab Samosir, di mana Bupati Ir Mangindar Simbolon telah menyatakan dukungan penuh event, yang dinilainya sangat bermanfaat bagi dunia pariwisata. Dukungan dinyatakan bupati saat audiensi dengan beliau beberapa waktu lalu," papar Cahyo Pramono.

Event juga dirangkai aneka kegiatan dan bakti sosial, seperti pada acara start di Tuk-tuk diwarnai penanaman pohon untuk penghijauan. Kemudian, bakti sosial berupa pengobatan gratis dan pembagian kaca mata baca untuk manula, beserta penaburan 20 ribu benih ikan saat start hari II di Tongging. "Di hari III yang finis di Medan, kita juga sudah siapkan acara penyerahan cendera mata untuk semua peserta. Hari terakhir bakal ramai, karena ada pameran otomotif dengan mengundang semua semua klub motor di daerah ini," papar Cahyo. (global)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar